Jalan Ninja Mendapatkan Ide Nulis dengan Gampang

 

Ilustrasi memikirkan ide (freepik.com/Benzoix)

Mendapatkan ide untuk menulis sebenarnya susah-susah gampang. Tapi, jika kamu sudah menemukan celah untuk beberapa ide, pasti ide-ide lain akan bermunculan dengan sendirinya. Bahkan gak jarang lho ada orang yang mau membeli ide dari orang lain. Ya, mungkin saat itu orang tersebut sedang buntu banget.

Ada beberapa cara yang bisa kamu gunakan jika ingin menulis fiksi. Ingat ya, cara-cara ini khusus untuk tulisan fiksi. Bisa juga digunakan untuk yang nonfiksi, tapi mungkin tidak terlalu sejalan. Berikut ini adalah beberapa jalan ninda untuk mendapatkan ide nulis. Check this out!


1. Perbanyak membaca 

Cara satu ini memang sudah tidak asing lagi. Jika ingin menjadi penulis handal, memang salah satu caranya adalah dengan memperbanyak membaca. Ternyata dengan membaca, ide-ide lain akan terus bermunculan secara tiba-tiba, lho!

Kamu harus membaca buku dengan genre tipe yang ingin ditulis. Boleh sih membaca buku lain, membaca banyak buku gak akan membuatmu rugi. Karena buku adalah jendela dunia. Namun, jika ingin mendapatkan ide untuk menulis fiksi, tentu kamu harus membaca novel. 

Nantinya kepalamu akan mengolah informasi yang didapatkan dari hasil membaca menjadi ide-ide terbaru. Jangan lupa catat ide-ide tersebut sesegera mungkin. Percayalah ide yang muncul tiba-tiba akan menghilang tiba-tiba.


2. Perbanyak menonton film

Menonton film juga cara yang cukup ampuh. Pasalnya cara ini adalah cara yang paling menyenangkan untuk dilakukan. Kamu bisa menoton movie, drakor, atau film dokumenter. Terserah apa yang kamu sukai.

Namun ingat, kamu tidak boleh terlalu terlena dalam menonton film tersebut. Perhatikan bagaimana alur cerita dari film tersebut. Kisah seperti apa yang ditampilkan, bagaimana cerita dimulai, dan bagaimana cerita tersebut diakhiri.  


3. Pakai website AI

Jaman sudah sangat canggih. Banyak website yang menggunakan AI bertebaran di mana-mana. Mulai dari yang gratis hingga berbayar. Meski banyak orang yang tidak ingin menggunakan AI karena menganggap itu curang, tapi kita tak boleh menutup mata dengan teknologi.

Gunakan AI untuk mempermudah pekerjaan. Jika malah tidak ingin menggunakan fitur tersebut, saya jamin sebagai penulis beberapa orang mungkin akan semakin tertinggal di belakang. Dengan website AI seperti ChatGPT, OpenAI, atau yanng lainnya, kamu bisa melakukan braistorming dan meminta rekomendasi ide-ide.

Belajarlah untuk memasukkan prompt yang spesifik agar hasil yang diperoleh bisa semakin memuaskan. Ingat! Teknologi diciptakan untuk mempermudah pekerjaan manusia. Tidak perlu takut akan tersaingi oleh AI, karena itu tidak akan pernah terjadi.


4. Berjalan-jalan melihat alam sekitar

Di dunia ini kita tidak hidup sendirian. Banyak manusia yang memiliki kehidupan yang unik yang bisa menjadi inspirasi dalam menulis. Jika kamu tidak memiliki waktu untuk melakukan traveling jarak jauh, kamu bisa sekedar berjalan-jalan ke taman kompleks rumahmu.

Dari anak-anak yang bermain kamu bisa mendapatkan ide, dari ibu-ibu yang sedang menjaga anaknya kamu bisa mendapatkan ide. Jika beruntung kamu bisa melihat drama-drama pasangan seperti di sinetron secara nyata. Kamu bisa mendapatkan banyak ide sekaligus healing. benar gak?


5. Curhat dengan teman

Jika hanya memantau orang di taman, kamu hanya bisa menerka-nerka bagaimana kisah mereka yang sebenarnya. Namun, jika kamu memiliki seseorang yang ingin menceritakan kisahnya, tentu akan membuatmu semakin gampang dalam mengembangkan ide cerita.

Mintalah teman-temanmu untuk bercerita tentang kisah mereka. Hanya saja, sebagai seorang pendengar, kamu juga harus bisa mengatur bagaimana nantinya kisah hidup tersebut akan diangkat dalam novelmu. Jangan sampai mempermalukan teman demi ingin terkenal.

Percaya atau tidak, semakin banyak pemandangan yang tertangkap oleh memori, kamu bisa menciptakan adegan tertentu dalam kepala dan terbawa dalam mimpi. Jika hal itu terjadi, jangan lupa cata langsung mimpi tersebut ketika kamu bangun.

Ide-ide menulis fiksi tak melulu harus beda dari yang lain. Kamu bisa menulis dengan tema yang umum seperti percintaan remaja, perselingkuhan dengan asisten kerja, atau yang lain. Tapi, buatlah karyamu dengan alur yang kreatif dan berbeda dari yang lain. 

Misalnya seperti drama Doctor Cha. Drakor tersebut mendapaptasi isu perselingkuhan. Hanya saja dengan menambah bumbu komedi, drakor tersebut malah memperoleh peringkat teratas dan rating yang cukup tinggi. Hal unik memang disukai banyak orang. Jadi, be out of the box! 

Selamat menulis!


Posting Komentar

0 Komentar